Rabu, 05 November 2014

Penasaran atau Bahkan Pengen Belajar Oracle atau SAP?





















Apas sih Oracle itu?
Setelah bertanya pada Mr. Know-It-All, ini adalah salah satu jawabnya. ORACLE adalah database relational. Sebuah database relational merupakan kumpulan dari tabel-tabel. Tabel sendiri sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari, misalnya laporan keuangan bulanan, daftar harga menu, grafik-grafik dan lain-lain. Masing-masing tabel mempunyai hubungan antara satu dengan yang lain, misalnya antara tabel ruas jalan tol dengan tabel kantor cabang, sehingga dia disebut relational.

Kumpulan kertas-kertas laporan yang menumpuk di atas meja atau yang ada di laci sebetulnya dapat disebut sebagai database juga. Namun dengan pengelolaan seperti ini, akan muncul masalah jika data yang dikelola volumenya besar, sehingga menyulitkan kita dalam mengelola data-data tersebut. Kemudian mungkin kita akan menggunakan fasilitas komputer, seperti menggunakan LOTUS atau EXCEL, tapi pada prinsipnya kesulitan pekerjaan pengelolaan kita tetap sama.

Sebuah Sistem Basis Data Relational (Relational Database Management System, disingkat RDBMS) seperti ORACLE pada prinsipnya merupakan sistem yang memungkinkan kita untuk:

Memasukkan data.

Mengelola data.
Mengambil data.
Dikutip dari: http://doylp.tripod.com/ora-adm/ora-adm-1.html

Lalu, apasih SAP?
Langsung nanya lagi Mr. Know-It-All. Dan nemu website "Belajar SAP Yuk", dengan link:
http://doylp.tripod.com/ora-adm/ora-adm-1.html
Dari website ini didapatkan pengertian SAP, yaitu “SAP AG (FWB: SAP NYSE: SAP) adalah perusahaan Jerman yang merupakan perusahaan perangkat lunak terbesar di Eropa. SAP didirikan pada tahun 1972 dengan nama Systemanalise und Programmentwicklung oleh 5 mantan karyawan IBM di Mannheim, Jerman. Kantor pusatnya di Walldorf, Jerman. Perusahaan ini mempekerjakan 35.873 pekerja pada tahun 2005″

Secara bebas SAP dapat diterjemahkan sebagai sebuah sistem aplikasi yang dikembangkan oleh SAP AG Jerman. Aplikasi ini digunakan untuk memproses semua data yang diperlukan untuk mengelola semua sumber daya yang dimiliki oleh suatu perusahaan. Untuk mencapai kondisi ideal tersebut, SAP dilengkapi oleh tiga buah module besar yaitu modul Finance (mengurus segala hal berkaitan dengan keuangan perusahaan), Logistic (mengurus segala hal berkaitan dengan sumber daya yang berbentuk barang baik asset bergerak ataupun tetep), dan Human Resource (mengurus segala hal berkaitan dengan personalia). Dari ketiga module tersebut masih bisa di breakdown lagi menjadi submodul submodul yang jumlahnya bisa mencapai puluhan submodul.
Finance : Financial Accounting, Treasury, Controlling, etc
Logisitic : Material Management, Sales and Distribution, Plant Maintenance, etc
Human Resource : Payroll, Time Management, Personel Management, etc

Dari sisi teknikal ketiga modul diatas akan disupport oleh sebuah middleware (aplikasi antara) yang akan menjembatani antara SAP dengan Database dan Sistem Operasi yang digunakan. Pada awal perkembangannya middleware ini disebut sebagai modul Basis yang pada perkembanganya kemudian dikenal sebagai Aplication Server (AS). Selain dilengkapi dengan customizing tools standard, para pengguna SAP juga dapat melakukan modifikasi pada aplikasi ataupun program yang dibangun menggunakan bahasa pemrograman SAP yang biasa dikenal dengan ABAP (Advance Business Aplication Programming).

Dan saya habis berselancar dan menemukan Binus Center (http://binuscenter.com/default/Indonesia), solusi kalau mau lebih memahami lagi mengenai Oracle dan SAP ini. Bahkan tu ya, saya sudah nanya-nanya, for your information aja nih, buat akang teteh yang di daerah Bandung dan tertarik belajar Oracle maupun SAP khususnya untuk mahasiswa, dibuka Oracle kelas Reguler dengan biaya sekitar 1,5jt/orang untuk kuota 4 orang. Tapi kalau yang lebih suka kelas fleksibel dan kantong berlebih boleh pilih kelas Oracle privat dengan fee sekitar 4,5jt. Pengen sih yang Oracle kelas Reguler, tapi belum ada yang daftar (nyari temen).
Nah kalau untuk yang SAP, bagi mahasiswa cukup menguras, atau malahan ditunda dulu hehehhe, mayan juga untuk yang SAP bersertifikat Binus dan sertifikat SAP Indonesia badget-nya 10jt dengan durasi 20 sesi @ 3 jam. 

1 komentar: