Minggu, 09 Juni 2013

Eixample, Kota di Barcelona dengan Tata Kota yang Memukau


Tentunya ketika menyebut Barcelona, hal pertama yang akan muncul dipikiran kita adalah klub sepak bolanya yang telah mendunia. Selain itu, Barcelona juga mampu membuat kita berdecak kagum dengan keberadaan kota unik dan menakjubkan dengan desain memukau yang dibagun pada awal abad 20.
Desain tata kota Eixample sendiri memiliki ciri khas dengan adanya  jalan-jalan lurus yang panjang, pola-pola garis yang ketat, jalan-jalan lebar dan blok persegi oktagonal dengan sudut yang dinamakan Chamfered. Selain itu beberapa bangunan dibuat dalam sebuat unit/ kompleks bangunan sehingga terlihat tertata rapi. Desain ini merupakan rancangan Idedons Cerda, dengan ciri khas ruang terbuka hijau yang luas dan jalanan yang lebar. Disamping itu, keberadaan bangunan gedung pencakar langit cukup sulit ditemui di kota ini, hal ini memungkinkan cahaya matahari dapat masuk di setiap sudut kota dan menghadirkan pemandangan kota yang indah.
Beberapa bagian dari Eixample banyak dipengaruhi oleh arsitek Modernista, seperti karya arsitektur kenamaan Antonio Gaudi. Salah satu karyanya di Eixample adalah Casa Mila dan Casa Batlo. Arsitektur terkenal lainnya di kota ini adalah karya Josep Puig i Cadafalch, Josep Domenech i Estapa, Josep Vilaseca i Casanovas dan Sagnier Enric Villavecchia, yang telah merancang lebih dari 500 bangunan.
Desain awal:
Image via Wikimedia Commons
Berikut adalah foto-foto tata kota Eixample yang diambil dari udara:
Photograph by Aldask on Flickr
Photograph via Skyscraper Page
Photograph by Aldask on Flickr


Tidak ada komentar:

Posting Komentar